Minggu, 14 November 2010

Sekilas Chelsea F.C.

Chelsea F.C. adalah sebuah klub sepak bola Inggris yang dimulai sejak 14 Maret 1905, didirikan oleh H.A. Mears. Klub sepak bola ini didirikan saat berlangsungnya pertemuan di sebuah pub bernama The Rising Sun (yang sekarang pub The Butcher's Hook).Sebelum Chelsea F.C. ditentukan sebagai nama yang paling tepat, ada beberapa nama yang sempat menjadi calon nama bagi klub ini, antara lain Stamford Bridge F.C., Kensington F.C., dan London F.C.

Chelsea F.C. memiliki stadion sendiri yang bernama Stamford Bridge, stadion ini dapat menampung sekitar 42.360 penonton,dan bertempat di Fulham, London Barat, yang secara resmi dibuka pada 28 April 1877. Stadion tersebut dirancang oleh arsitek asal Skotlandia, Archibald Leitch. Sebelum dapat menampung 42.360 penonton, Stamford Bridge hanya bisa menampung 100 ribu penonton saja.

Manajer pertama yang menangani Chelsea adalah John Roberson (1905-1906). Sedangkan pertama kali menjuarai Premiership pada tahun 1955 pada masa jabatan Ted Drake sebagai manajer. Sementara pertama kali menjuarai piala FA pada tahun 1970, piala Liga pada tahun 1965 serta pertama kali menjuarai piala Winners pada tahun 1971.

Chelsea F.C. sebagai klub sepak bola memiliki sebuah icon yaitu seekor singa jantan yang di juluki The Stamford Lion. Sementara lagu utama Chelsea F.C. adalah Blue Is The Colour. Lagu ini diliris pada tahun 1970, bertepatan dengan berlaganya Chelsea F.C. di kancah UEFA Cup. Lagu ini dekeluarkan oleh perusahaan Penny Records dan mencapai nomor 5 di chart pada bulan Maret 1970. Hal ini telah menjadi salah satu lagu sepakbola Inggris yang paling dikenal. Lagu ini dinyanyikan oleh sekelompok orang yang dijuluki Singing Squad yang terdiri dari 14 orang,mereka adalah Tommy Baldwin,Peter Bonetti,Charlie CookeJohn Dempsey,Ron Harris,Marvin Hinton,John Hollins,Peter Houseman,Alan Hudson,Steve Kember,Eddie McCreadie,Paddy Mulligan,Peter Osgood dan David Webb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar